Mengatasi Kaki Kram Saat Mendaki Gunung

Mengatasi Kaki Kram Saat Mendaki Gunung

Saat mulai melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki gunung hal seperti kram kaki merupakan hal biasa yang sering terjadi pada setiap pendaki baik yang masih pemula maupun yang sudah berpengalaman sekalipun. Tidak jarang pendaki sering melakukan istirahat berkali – kali hanya untuk menangani kram yang sering menghantui setiap perjalanan.

Penyebab kaki kram tidak selalu diketahui, namun umumnya pada saat mendaki disebabkan oleh hal – hal berikut :

  • Cedera saat berolahraga atau menggunakan otot secara berlebihan.
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.
  • Kekurangan asupan mineral seperti kalium, kalsium dan magnesium.
  • Suhu ekstrim biasanya terpapar suhu dingin gunung.
  • Terlalu banyak duduk dan berjalan di tanah dengan permukaan keras.
  • Penyakit lainnya.

Berdasarkan pengalaman saya terbiasa mencegah dan menanganinya dengan beberapa cara antara lain :

  • Berolahraga 2 minggu sebelum pendakian biasanya selang seling harinya sehari olahraga sehari libur dan seterusnya. Tubuh akan menyesuaikan dengan kondisi perubahan tersebut secara saya jarang olahraga rutin. Kalau orang tua bilang biar tubuh tidak “kaget” saat pendakian nanti
  • Tidak setiap gunung memiliki sumber mata air dan warung di setiap post-nya, lebih baik sesuaikan bekal air dengan kondisi gunung dan personilnya. Saya biasanya membawa setidaknya 4 liter air untuk perjalanan 2D1N
  • Perbekalan makanan yang bergizi tentunya dan bukan hanya mie instant ya bro kalau bisa bawa buah seperti pisang.
  • Bawa P3K yang memadai, tapi kalau untuk kram biasanya saya membawa obat oles sejenis krim panas yang berguna untuk mengatasi kram otot.
  • Perlengkapan pakaian yang memang khusus untuk naik gunung.
  • Hindari istirahat atau duduk terlalu lama, ini yang penting biasanya kita enggak tegaan kalau ada personil ceweknya tapi kalau terlalu lama istirahat akan membuat tubuh lebih sakit.
  • Kurangi beban bawaan, biasanya kita bagi rata ke semua personil sesuai dengan kemampuan.
  • Pemanasan saat mulai naik gunung.

Untuk mencegah kram datang lagi seperti yang kita ketahui pemanasan itu penting dan cobalah lakukan pijatan di sendi – sendi kaki atau yang sering kram. Cukupi pendakian dengan air minum untuk mencegah dehidrasi dan asupan makanan sehat wajib dibawa walaupun ribet dalam pengolahannya tapi makanan itu penting untuk aktifitas berat seperti mendaki gunung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *